Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Pada awal tahun 2014 saya berencana pindah kontrak rumah dari Pasar Minggu – Jakarta Selatan ke wilayah Jonggol – Kabupaten Bogor dengan alasan lebih dekat ke tempat kerja. Kemudian saya mulai melakukan survey ke beberapa tempat, dan terakhir pilihan saya jatuh pada sebuah rumah yang ada di komplek perumahan Citr* Ind*h, milik pengembang ternama, yaitu CIPUTR*.
contoh surat perjanjian kontrak / sewa rumah
via Pixabay
Kenapa saya memilih Perum tersebut? Saya melihat perumahan tersebut  ramai dan memiliki fasilitas yang lengkap, seperti klinik, angkutan dalam komplek, akses jalan yang bagus, pasar tradisional, pos keamanan di setiap cluster, dan yang tidak kalah penting adalah harganya yang miring.

Pada tahun pertama mengontrak, saya tidak pernah bertemu langsung dengan pemilik rumah  atau perantaranya. Komunikasi yang terjalin hanya via sambungan telepon seluler, bahkan pembayaran uang sewa pun ditransfer via bank. Dan lebih uniknya lagi, tidak ada surat perjanjian kontrak antara saya dengan pemilik rumah, hanya bermodalkan rasa percaya diantara kami.
kunci rumah
Dan setelah satu tahun berlalu dari masa kontrak, saya dapati rumah tersebut sudah tidak kondusif lagi untuk ditempati. Maka saya pun berencana untuk pindah, itu semua dengan kanyamanan keluarga dan keamanan mereka. Dan saya pun mulai melakukan pencarian dan hunting sana sini, hingga akhirnya bisa menemukan rumah kontrakan baru yang lebih layak dihuni dan pas di kantong, tentunya setelah ada negoisasi dengan pemiliknya.

Lalu pada waktu yang telah ditentukan, kunci rumah diberikan kepada saya oleh pemilik rumah melalui wakilnya, dan disodorkan kepada saya surat perjanjian kontrak rumah. Dan setelah akad perjanjian selesai ditandatangani, maka saya diperbolehkan untuk menempati rumah kontrakan baru tersebut.

Nah, seperti apa bentuk surat perjanjian kontrak itu? Berikut ini saya lampirkan contohnya:
SURAT PERJANJIAN KONTRAK RUMAH
(ALAMAT KONTRAKAN)

Pada hari ini, (nama hari), (tanggal bulan tahun), kami yang bertanda tangan di bawah ini:
  1. Nama     : (nama pemilik rumah)Alamat   : (alamat asli pemilik rumah/alamat yang tertera di KTP)Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. Nama     : (nama penyewa)Alamat   : (alamat asli penyewa rumah/alamat yang tertera di KTP)Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dengan ini sepakat membuat Perjanjian Kontrak Rumah, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. PIHAK KEDUA sepakat untuk mengontrak sebuah rumah milik PIHAK PERTAMA yang terletak di _____(alamat rumah yang disewakan).
  2. Harga kontrak rumah adalah Rp._____(harga yang disepakati) (Terbilang _____) per tahun.
  3. Jangka waktu kontrak adalah selama 1 (satu) tahun terhitung mulai tanggal _____ (tanggal bulan tahun) sampai dengan _____ (tanggal bulan tahun).
  4. Selama masa kontrak PIHAK KEDUA berhak untuk menempati dan menikmati seluruh fasilitas rumah sebagaimana tersebut pada butir 1 (pertama) untuk keperluan tinggal.
  5. Selama masa kontrak PIHAK KEDUA berkewajiban untuk menjaga keamanan dan kebersihan rumah, melakukan perawatan kecil, membayar rekening listrik dan rekening air minum (PAM), serta mematuhi perundang-undangan yang berlaku.

Surat Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua), masing-masing untuk PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.
                                            Jonggol, 10 April 2015
  (kiri)                                         (kanan)
PIHAK KEDUA                                    PIHAK KEDUA
   Ttd                                             Ttd

(namalengkap)                                 (nama lengkap)
Demikian yang bisa saya tulis, semoga postingan ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengadakan perjanjian kontrak rumah, baik sebagai pemilik atau penyewa. Dan terima kasih atas kunjungannya. Salam sukses dari Ketik Surat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah"

Post a Comment